Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, January 23, 2016

Ternyata Buah Ini Dapat Memberikan Manfaat Yang Luar Biasa !!


Ternyata Buah Ini Dapat Memberikan Manfaat Yang Luar Biasa !!

Apakah Anda pernah makan buah duwet?

Buah ini mungkin saja ada sebagian orang yang tidak kenal dengan nama buah yang satu ini. Buah langka ini mempunyai nama lain di banyak daerah seperti sompe, jamblang, jambu keling, dhuwak dan banyak lagi. Duwet memiliki bentuk buah yang terlihat seperti anggur, dengan ciri-ciri warna ungu kehitaman.
Buah dibagian batang akan berkelompok dan sangat mengasyikkan untuk dipetik. Karena kelangkaannya, buah duwet mungkin saja hanya ditemukan dalam jumlah yang lebih sedikit karena banyak pohon yang mulai di tebang dan tak digunakan.
Rasanya sendiri memliliki kekhasan dengan kombinasi rasa yang sangat manis dan rasa lengket yang sedikit sepat dan asam. Buah ini memiliki kulit yang sangat mengkilap dengan warna daging buah putih agak keunguan.
Zat pektin yang ada dalam daging buah biasanya akan meninggalkan warna ungu pada lidah. Jadi buah duwet sangat enak untuk dikonsumsi dengan bermacam kandungan nutrisi yang bisa diketahui pada daging buah. Inilah sebagian penjelasan tentang manfaat buah langka yang satu ini :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Apabila Anda memiliki masalah pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin dan sembelit jadi Anda bisa memakai buah duwet. Jus dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya mempunyai kandungan serat yang cukup, kandungan senyawa gula dalam buah duwet bisa mengatasi permasalahan sakit perut. Apabila Anda tak pernah buat jus buah duwet jadi konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menyingkirkan kembung.

2. Sumber Energi Tubuh
Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat untuk lidah. Karbohidrat, protein dan lemak di dalam buah duwet bisa jadi sumber energi yang baik. Selain itu, buah duwet bisa membantu pemecahan zat pati menjadi zat gula.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Zat besi yang ada di dalam buah duwet dapat melindungi sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Buah duwet pas untuk lanjut usia dan wanita hamil yang mempunyai kemungkinan diserang radang sendi atau osteoporosis dan kerapuhan tulang.

4. Menurunkan Kadar Gula pada Diabetes
Kandungan glukosida phytomelin, alfa phytosterol, dan astringent di dalam buah dapat mengontrol kandungan gula dalam darah serta mencegah kolesterol berlebihan dalam tubuh. Astringent dalam buah duwet juga berfungsi untuk mempercepat penutupan luka untuk penderita diabetes.

5. Melindungi Kesehatan Jantung dan Mata
Dalam melindungi kesehatan jantung, buah duwet memiliki kandungan kalium dan sodium yang bertindak untuk mengatur otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari bermacam jenis kemungkinan penyakit karena serangan jantung. Selain hal itu, kandungan Vitamin A yang ada di dalam buah duwet diakui untuk melindungi kesehatan mata, memudahkan resiko rabun pada mata dan kebutaan karena katarak.

6. Duwet Mengobati Sakit Batuk
Mengobati penyakit batuk menahun yang sulit untuk sembuh ternyata juga bisa memakai buah duwet segar. Percaya atau tidak percaya pengobatan ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu di daerah pedalaman Madagaskar. Buah duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang ternyata dapat melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah. Anda bisa memakai campuran buah duwet segar dengan madu sebagai pengganti obat batuk sirup.

7. Duwet Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas
Radikal bebas dapat menyerang tubuh dari berbagai sumber seperti zat polutan, sayuran yang mengandung pestisida dan berbagai macam bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan perasa buatan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti kanker, tumor dan masalah pada jantung. Sementara itu buah duwet bisa menjadi penangkal ampuh radikal bebas karena mengandung flavonoid. Manfaat senyawa flavonoid dari buah duwet segar terbukti ampuh mengatasi serangan radikal bebas dan perlindungan terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan. Jadi ketika musim buah duwet Anda bisa memakainya sebagai buah yang sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit kanker dan penyakit lain.

8. Duwet Mencukupi Asupan Vitamin B
Secara umum buah duwet yang memiliki rasa manis dan asam serta meninggalkan rasa yang khas di lidah ternyata juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan B9. Keempat jenis vitamin ini diperlukan tubuh untuk melakukan beberapa fungsi penting. Konsumsi buah duwet yang paling baik untuk mendapatkan manfaat vitamin B tersebut adalah menjadi buah segar, cemilan atau jus.

9. Duwet Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah
Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh
Pohon buah duwet banyak memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat pohon buah duwet bisa didapatkan dari mulai buah segar, daun hingga batang atau pohon buah duwet. Di China dan India pemakaian pohon buah duwet juga banyak membantu pertanian dan perikanan karena bisa dimanfaatkan untuk membuat balok kapal maupun balok untuk pertanian. Jadi, buah duwet tidak hanya segar namun juga memberikan manfaat yang sangat besar.


Itulah beberapa manfaat dari buah duwet.

0 comments:

Post a Comment